Bungkam Jepang, Qatar Cetak Sejarah Juara Piala Asia 2019

0 18
Iklan Sofyan Lasimpara

Abu Dhabi, Jurnalsulawesi.com – Timnas Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia 2019 usai menang 3-1 atas Jepang pada laga final di Zayed Sport City Stadium, Jumat (1/2/2019) malam WIB. Ini adalah gelar pertama Qatar di Piala Asia.

Bermain agresif, Qatar langsung unggul saat laga baru berjalan 12 menit. Adalah Almoez Ali yang mencatatkan namanya di papan skor.

Usai menerima umpan Akram Afif dari sisi kiri, Almoez Ali mengontrol bola dengan kakinya sebelum melepaskan tendangan salto ke gawang Shuichi Gonda.

Ini adalah gol ke-9 Almoez Ali di turnamen Piala Asia 2019 dan dia sukses menyabet gelar top skorer.

Malapeta kembali menimpa Jepang di menit 27. Dari luar kotak penalti, Abdulaziz Hatem mengirim bola ke pojok kiri atas gawang Jepang. Skor jadi 2-0 untuk Qatar dan kedudukan ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Jepang bermain habis-habisan. Hasilnya, Takumi Minamino memperkecil kedudukan pada menit 69, usai lolos dari perangkap offside.

Namun sial bagi Jepang, Qatar sukses memperbesar keunggulan lagi melalui penalti Akram Afif di menit 83. Wasit menunjuk titik putih setelah Maya Yoshida melakukan handball di kotak terlarang.

Skor jadi 3-1 untuk Qatar dan kedudukan ini bertahan hingga laga usai. Qatar pun keluar sebagai juara Piala Asia 2019.

Hadiah Piala Asia
Federasi Sepak Bola Asia (AFC) menyiapkan uang total 14,8 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 206 miliar untuk para peserta Piala Asia 2019. Itu merupakan hadiah terbesar sepanjang sejarah Piala Asia.

Tak hanya itu, 24 negara yang tampil di Piala Asia 2019 mendapat uang sebesar 200 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 2,7 miliar per pertandingan. Total sepanjang pertandingan hingga babak final Piala Asia, sudah ada uang sebesar 4,8 juta dolar AS yang dibagikan hingga babak perempat final.

Dua negara yang tersingkir di semifinal Piala Asia 2019, Iran dan Uni Emirat Arab sudah mengantongi 1 juta dolar AS atau senilai dengan Rp 1,4 miliar. Hingga babak ini saja, AFC telah mengeluarkan 6,8 juta dolar AS.

Sementara Jepang dan Qatar yang menembus partai final bisa menambah pundi-pundi uang mereka. Nantinya, yang akan menjadi runner up akan membawa pulang 3 juta dolar AS (Rp 41 miliar).

Sedangkan, juara Piala Asia 2019 akan mengantongi 5 juta dolar AS atau senilai dengan Rp 69 miliar. Pemenangnya juga akan membawa trofi kebanggaan di sepak bola Asia.

Jepang Tim Unggulan
Sebelumnya, di atas kertas, Jepang lebih diunggulkan ketimbang Qatar. Sebab, Samurai Biru, julukan Jepang sudah empat kali menjadi juara Piala Asia dalam sembilan penampilan.

Jepang terakhir kali menjadi juara Piala Asia pada 2011. Ketika itu, Samurai Biru mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di babak final.

Sementara Qatar belum pernah menjadi juara Piala Asia. Namun, langkah mereka menembus final Piala Asia 2019 menjadi catatan terbaik Qatar di ajang ini.

Susunan Pemain
Jepang: Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Genki Haraguchi, Gaku Shibasaki, Tsukasa Shiotani, Ritsu Doan, Takumi Minamino, Yuya Osako

Qatar: Saad Al Sheeb, Abdulkarim Hasan Fadlalla, Tarek Salman, Boualem Khoukhi, Bassam Hisham, Pedro Miguel, Akram Afif, Assim Madibo, Abdulaziz Hatem, Almoez Ali, Hassan Al Haidos. [***]

 

Sumber; Bola

Comments
Loading...