Forum Petani Merdeka Dongi-Dongi Deklarasi Anti Hoax

0 18
Iklan Sofyan Lasimpara

Palu, Jurnalsulawesi.com – Penyebaran berita hoax (berita bohong) terlebih pada tahun politik menjelang Pilpres 2019 dirasakan telah mencapai tahap mengkhawatirkan. Menyikapi hal itu, Forum Petani Merdeka (FTM) Dongi-Dongi, Desa Sedoa Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso menyatakan sikap untuk melawan hoax.

Hal itu diungkapkan Ketua FTM Dongi-Dongi Desa Sedoa Kecamatan Lore Utara, Lispin, kepada wartawan Sabtu (10/2/2019).

Menurutnya, hoax adalah kebohongan. Kebohongan adalah kejahatan yang harus dibinasakan, karena dapat merusak tatanan berkehidupan dan berkebangsaan dan merusak perdamaian.

Karena itu, melawan hoax sebagai tindakan perang melawan kebohongan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita siap menggerakkan seluruh potensi generasi muda melawan untuk hoax dan ujaran kebencian sebagai wujud menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian menolak politik identitas dan mendukung Pilpres yang demokratis, jujur, dan berkualtitas,” katanya.

Lispin juga mengajak segenap generasi muda di Kabupaten Poso untuk berani dan bersatu melawan hoax yang telah merusak tatanan kemasyarakatan, khususnya pemuda.

“Hoax terlihat sangat efektif merusak generasi. Kita lihat sekarang berita hoax sudah sampai keseluruh lapisan masyarakat terlebih generasi muda melalui media sosial,” ujarnya.

Olehnya itu pinta Lispin, generasi muda harus memenangkan yang benar dan mengalahkan yang hoax. Siapa saja yang menyebar berita hoax, maka akan melawan pemuda.

“Selama ini ternyata putaran informasi hoax menyasar generasi muda. Pemuda menjadi sasaran empuk hoax, karena pemuda tidak bisa mengontrol emosinya. Jadi, pihak yang sangat potensial menghadang berita hoax adalah pemuda,” pungkasnya. [***]

Penulis; Agus Manggona

Comments
Loading...