Kapolda Sulteng: Anggota Brimob Harus Loyal pada NKRI dan Polri

0 2

Palu, Jurnalsulawesi.com – Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Haryanto, M.Si menekankan bahwa seluruh anggota pasukan Brigade Mobil (Brimob) telah sepakat untuk menjaga loyalitas dan setia kepada organisasi Polri dan menjaga keutuhan NKRI.

“Sebagai anggota Brimob harus selalu semangat di lapangan. Karena sebagai pasukan andalan Polri, Brimob harus menjadi garda terdepan dan benteng terkahir dalam mengantisipasi kejahatan-kejahatan terhadap negara,” kata Kapolda, saat melakukan tatap muka dengan pasukan elite Polri, Satbrimobda Polda Sulteng, di Aula Torabelo Polda Sulteng, Sabtu (23/2/2019).

Dalam arahannya kepada sekira 300-an personil Brimob itu, Brigjen Lukman mengatakan, sejarah telah mencatat ada andil besar dari ‘Tokobetsu Kasetsutai’ (Polisi Istimewa) saat berdirinya NKRI. ‘Tokobetsu Kasetsutai’ inilah cikal bakal dari Korps Brigade Mobil (Brimob).

“Brimob harus Loyal kepada Organisasi dan keutuhan NKRI, ‘Satya Haprabu‘ (Setia kepada Negara dan pimpinannya),” tekannya.

Menurut Kapolda, secara organisasi Brimob telah dapat berkembang, setelah dilikuidasi menjadi satuan-satuan kecil hanya setingkat kompi di setiap propinsi, persenjataan yang kuno. Namun sekarang Brimob semakin berkembang menjadi Korbrimob dengan ikatan-ikatan satuan yang terstruktur (Pasukan, Resimen, Yon, Ki & Ton), dengan persenjataan yang sudah cukup modern.

Mantan Wakapolda Kaltim ini meyakini, Brimob akan selalu dipercaya dan dibutuhkan masyarakat, bangsa dan negara.

“Karena itu Brimob Polri harus mewujudkan Trust (kepercayaan) kepada masyarakat, untuk selamatkan Organisasi dan Negara Kesatuan RI. Dengan capaian Trust/ kepercayaan tersebut, akan dapat meningkatkan dan mengembangkan Organisasi kita menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Anggota Brimob juga harus dappat melakukan menepis opini dan berita Hoax, ancaman adu domba, ujaran kebencian yang dapat memecah belah kesatuan bangsa dan raih kemenangan untuk berlangsungnya NKRI.

“Setiap tampil Brimob harus selalu berhasil dan kita harus yakin semua pasti bisa. Brimob Polri harus cinta dan menjaga kehormatan keluarga,” tegasnya.

Tatap muka Kapolda yang bertujuan untuk mengenal lebih dekat seluruh jajarannya ini juga dihadiri Wakapolda Sulteng dan pejabat utama Polda Sulteng.

Sejak menerima estafet tongkat Komando dari Brigjen Pol. Drs. Ermi Widyatno, MM pada 24 Januari 2019 lalu, Kapolda Brigjen Lukman Wahyu terus melakukan kunjungan ke Polres-Polres di bawah Polda Sulteng. Tercatat sudah sembilan Polres yang dikunjungi jenderal bintang satu ini.

Gerak cepat mantan Wakapolda Kaltim ini dengan mengunjungi dan melihat langsung jajaran Polda Sulteng, untuk memberikan arahan langsung kepada anggotanya agar menjaga stabilitas menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, demi suksesnya pesta demokrasi yang aman dan damai. [***]

Ratusan personil Satbrimob Polda Sulteng menyimak arahan dari Kapolda di Aula Torabelo Polda Sulteng, Sabtu (23/2/2019). [Humas Polda Sulteng]

Penulis; Sutrisno/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.