Lion Air JT-780 Makassar-Palu Mendarat Lagi Setelah 30 Menit Terbang, Penumpang Histeris

0 2

Makassar, Jurnalsulawesi.com -Belum hilang di ingatan pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, sejak Senin (29/10/2018), kini satu lagi insiden membuat masyarakat khawatir.

Kali ini, pesawat Lion Air JT-780 dari Surabaya ke Palu transit Makassar, sekitar pukul 22.20 wita, Selasa (12/2/2019), mengalami turbulance di atas perairan Selat Makassar.

Pesawat yang sejatinya terbang dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya (SUB) lebih dulu transit di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) sebelum ke Bandara Mutiara SIS Al Jufrie (PLW) Palu, sekira pukul 00.21 Wita.

Pilot memilih Return to Base (RTB) di Makassar setelah mengudara sekira 30 menit.

Syahrul salah satu penumpang tujuan Palu dalam kesaksiannya menyebutkan, suasana mencekam langsung terjadi saat pilot menyampaikan pesawat yang harus balik kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar karena persoalan teknis.

“Mohon maaf para penumpang yang terhormat, kita terpaksa harus balik kembali ke bandara sultan Hasanuddin makassar dikarenakan kita mengalami gangguan tehnis,” kata Syahrul menirukan pemberitahuan pilot pesawat Lion Air Boeing 737 900 ER itu.

Setiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, petugas maskapai Lion Air langsung mengevakuasi para penumpang ke pesawat pengganti. Namun Management Lion Air di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar enggan memberikan penjelasan kepada penumpang terkait batalnya penerbangan JT 780 ke Palu.

Supervisor Costumer Service Lion Air di Bandara Sultan Hasanuddin Makassa, Arfan juga menolak untuk memberikan penjelasan, dengan alasan bukan kewenangannya untuk memberikan keterangan, tentang masalah yang terjadi.

“Maaf mas, bukan kewenangan saya, ada Humas Lion Air yang bisa memberikan keterangan,” elaknya seperti dikutip Portalsulawesi.com.

Dari ratusan penumpang yang ada, sebagian memilih menunda atau membatalkan penerbangan lanjutan malam itu. Sementara sebagian penumpang lainnya meneruskan penerbangan setelah pihak maskapai mengganti pesawatnya, untuk diterbangkan ke Bandara Mutiara Sis Al Jufrie Palu.

Salah seorang penumpang asal Bali, Piang Darma Susila (49), mengatakan dirinya mengalami beberapa kali kekecewaan dalam penerbangannya dari Bali menuju Palu. Pasalnya dia dan keluarganya harus rela rugi uang tiket yang hangus akibat ditinggal pesawat.

Penjelasan Airnav
General Manager Air Navigation (AirNav) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (SHIAM) Novi Pantaryanto, Rabu (13/2/2019) pagi, mengkonfirmasikan pesawat Lion Air JT-780, mengalami masalah teknis saat terbang dari Makassar ke Palu, Selasa (12/2/2019) pukul 22.24 Wita.

Detail masalah teknis yang dialami pesawat Boeing 737-9 (ER) belum diketahui.

“Kayaknya (JT-780) ada kerusakan, soal rusaknya tanya langsung ke maskapai (Lion Air),” kata GM AirNav yang dikutip Tribuntimur.com.

Hingga pukul 02.30 wita, petugas Lion Air di Bandara SHIAM Makassar, mengkonfirmasikan seluruh penumpang selamat dan pesawat mendarat di Bandara Mutiara SIS Al Jufrie (PLW) Palu, sekitar pukul 00.21 Wita.

Sebagian penumpang yang trauma memilih tak melanjutkan penerbangan ke Palu, dan transit menginap di sejumlah hotel di sekitar Bandara SHIAM Makassar. [***]

Editor; Sutrisno

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.