TNI Manunggal Bersama Rakyat, TMMD Mengatasi Masalah Sosial di Masyarakat

0 2

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Kemanunggalan yang terjalin baik sampai saat ini sudah terlahir dan terjalin sejak dulu. Hal tersebut dibuktikan dengan perjuangan disaat melawan penjajah. Mulai dari tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional hingga saat ini Kemanunggalan TNI Rakyat tidak pernah luntur oleh waktu.

Dansatgas TMMD 104 Kodim 1306/Dgl Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa mengatakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini bukan hanya membangun bangunan atau sarana saja. Tetapi lebih penting lagi membangun nilai moral yang ditanamkan antar sesama, khususnya TNI dan rakyat mampu manunggal dan solid sehingga tidak hanya di mulut, tapi pelaksanaannya harus maksimal 100 persen.

Personil Kodim 1306/Dgl akan terus menjalin keakraban dengan komunikasi sosial dengan baik di manapun mereka berada. Kemanunggalan TNI bersama Rakyat sudah jelas, sebagai kunci utama suksesnya TMMD 104 kali ini.

Baik di lokasi sasaran maupun dirumah warga atau induk semang personil Satgas TMMD 104, tiada henti-hentinya melakukan komunikasi sosial. “Tujuannya adalah untuk semakin mempererat rasa persaudaraan yang tumbuh sehingga dalam mengerjakan tugas di sasaran fisik dapat berjalan ringan bahkan diperkirakan sebelum genap 30 hari sasaran fisik akan bisa selesai,” tutur Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa.

“TNI dan rakyat tidak bisa dipisahkan oleh apapun. Sejak dulu sudah terlahir bersama dan berjuang bersama. Kini pengaplikasiannya harus berbeda yakni melalui TMMD sama-sama berjuang untuk membangun Desa dengan tujuan utama yakni kesejahteraan yang hakiki,” tegasnya.

Hal senada juga dikatakan Satgas Kodim 1306/DGL Serka Junaid, karena TNI lahir dari rakyat, maka setiap anggota TNI juga harus dekat dengan masyarakat dengan bersikap sopan, murah senyum, sering bertegur sapa dan berbagi dengan masyarakat. Dengan sikap seperti itu maka akan timbul keakraban dan masyarakat akan merasa aman dan nyaman jika dekat dengan TNI, terlebih dengan adanya pelaksanaan TMMD.

“Program TMMD yang bersifat lintas sektoral ini harus membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah yang menjadi sasaran kegiatan TMMD,” Kata Satgas Kodim 1306/DGL Serka Junaid di rumah Angsa, salah satu warga Desa Bakubakulu, yang desanya menjadi lokasi TMMD.

Mewakili warga Desa Bakubakulu, Angsa sangat berterima kasih dengan adanya TMMD masuk di desanya. Menurutnya program TMMD telah benar membawa manfaat dan membantu mengatasi persoalan sosial masyarakat Desa Bakubakulu.

“Kami warga Desa Bakubaulu, Kecamatan Palolo sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI yang membangun desa kami. Program TMMD ini sangat bermanfaat bagi kami dan semoga dapat meningkatkan kehidupan perekonomian warga kami,” ujar Angsa. [***]

Anggota TMMD dijamu makan siang oleh warga sebagai bentuk keakraban TNI dengan rakyat. [Ist]

Penulis; Sutrisno/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.