HUT Bhayangkara ke 73, Kinerja Polda Sulteng Patut Diapresiasi

0 181

Palu, Jurnalsulawesi.com – Jajaran Polda Sulteng di bawah kepemimpinan Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Hariyanto, terus mendapat respon dan apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat Sulteng.

Hal ini dikarenakan, aparat Kepolisian, telah sukses meletakkan fondasi dasar dalam mewujudkan terpeliharanya keamanan dan ketertiban, penegakan hukum yang tidak tebang pilih, perlindungan serta pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat.

Sekretaris Forum Korban Likuifaksi Balaroa Agus Manggona, mengatakan, Polda Sulteng telah berhasil mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di daerah ini.

Olehnya, dengan capaian-capaian keberhasilan tersebut, di HUT Bhayangkara ke 73 ini, ada harapan besar dari seluruh anak bangsa yang dibebankan kepada aparat Kepolisian.

“Bila fungsi-fungsi tersebut tidak berjalan, dapat dipastikan kehidupan masyarakat akan mengalami chaos, stabilitas negara akan goyah, dan pada gilirannya menggiring bangsa ini ke jurang kehancuran,” kata Agus kepada Jurnalsulawesi.com, Rabu (10/7/2019).

Alhamdulillah kata Agus, saat ini masyarakat merasa nyaman. Apalagi melihat sinergitas Polri dan TNI yang kompak dalam melayani dan melindungi masyarakat. Tidak hanya itu, dari segi pelayanan publik melalui IT, jajaran Kepolisian juga sangat transparan.

Menurutnya, dengan sikap tegasnya jajaran Kepolisian dalam penegakan hukum, telah membuat masyarakat semakin percaya.

Beberapa faktor pun telah mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian di daerah ini, dimana, Polda Sulteng telah berhasil mengembalikan suasana kondusif masyarakat pasca gempa, tsunami dan likuifaksi yang melanda, Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong (Padagimo).

Kemudian Polda Sulteng telah berhasil mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 di Sulteng yang berlangsung aman dan damai.

“Dan Berhasil mengembalikan kepercayaan masyarakat Kabupaten Buol terhadap Kepolisian yang setelah sebelumnya sempat “retak,” cetusnya.

Bahkan tambah Agus, saat musibah lalu, jajaran Polda Sulteng turut dan memberikan aksi nyata, khususnya dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana.

Hal-hal lain yang perlu diapresiasi, Polda Sulteng juga sangat sigap dalam menangani sejumlah kasus baik itu menyangkut terorisme, narkoba, serta sukses meredam merebaknya berita hoax dan ujaran kebencian dan paham radikalisme. Termasuk membangun komunikasi dan silaturrahim dengan berbagai lembaga dan elemen masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas.

“Jadi intinya Polda Sulteng telah menunjukkan prestasi yang baik, sehingga tingkat kepercayaan di masyarakat pun semakin meningkat,” pungkasnya. [***]

Kontributor; Jumahari
Editor; Sutrisno

Komentar Facebook