Ini Penyebab Orang Malas Olahraga Pasca Lebaran

0 121

Jurnalsulawesi.com – Berat badan yang bertambah usai Lebaran seringkali dialami oleh sebagian besar orang. Selain makanan, keengganan berolahraga pasca Hari Raya Idul Fitri membuat bobot tubuh cenderung bertambah.

Perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition, menyelenggarakan Holiday Eating Survey pada April 2019 yang lalu dengan lebih dari 5.500 responden di 11 negara Asia Pasifik, yaitu Australia, Hong
Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Sebanyak 75 persen responden Indonesia menyatakan bahwa mereka cenderung kurang melakukan olahraga atau aktivitas fisik selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri, dan 66 persen menyatakan bahwa akan menunda agenda berolahraga hingga Lebaran usai.

Dalam siaran pers Minggu (16/6/2019) yang dikutip Viva, alasan utamanya meliputi mereka lebih fokus pada menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga (60 persen), minimnya waktu untuk melakukan olahraga selama libur lebaran (47 persen) dan sulit untuk menjaga aktivitas olahraga selama liburan (36 persen).

Karena berat badan responden Indonesia cenderung bertambah setelah Ramadan dan Idul Fitri, yakni rata-rata 6 kilogram, maka menurunkan berat badan menjadi agenda utama setelah perayaan Idul Fitri usai.

Rata-rata, orang Indonesia menghabiskan 11 hari untuk menurunkan berat badan yang mereka peroleh setelah perayaan Lebaran dan 55 persen dari responden mengaku berhasil melakukannya. Meskipun sebagian besar berhasil menurunkan berat badan, hampir empat dari 10 (37 persen) orang Indonesia tidak berhasil menurunkan berat badan seperti yang mereka harapkan.

Hal ini menunjukkan bahwa mempertahankan kebiasaan gaya hidup sehat sepanjang Ramadan dan Idul Fitri bisa menjadi cara yang lebih baik, untuk menjaga dan menjaga kesehatan secara menyeluruh secara jangka panjang. Terlebih, menerapkan gaya hidup sehat dan aktif membutuhkan komitmen jangka panjang dan konsisten.

“Boleh mencicipi makanan menu Lebaran, namun setelah itu segera kembali kepada resolusi hidup sehat Anda. Untuk hasil terbaik, patuhi rencana gaya hidup sehat Anda dan gabungkan dengan olahraga yang konsisten untuk membantu mencapai resolusi sehat Anda,” ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi. [***]

Komentar Facebook