Kemenpar Promosikan Tiga Pariwisata Unggulan Sulteng

0 242

Palu, Jurnalsulawesi.com – Kementerian Pariwisata mengakomodir tiga kegiatan unggulan Provinsi Sulawesi Tengah di sektor pariwisata, untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki daerah tersebut.

“Kementerian Pariwisata telah memasukkan tiga kegiatan unggulan Sulawesi Tengah dalam 100 kalender kegiatant wonderful Indonesia,” ucap Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, dalam sambutannya pada peluncuran agenda kegiatan Central Sulawesi, yang di wakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pemprov Sulteng, Norma Mardjanu, di Jakarta, Jumat (5/4/2019) malam.

Kegiatan diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata, di Gedung Balairung Soesilo Soedarman. Tiga kegiatan sektor pariwisata Sulteng tersebut ialah, Festival Teluk Tomini yang dilaksanakan di Kayubura (eks lokasi sail tomini 2015) oleh Pemda Kabupaten Parigi Moutong. Kemudian, Festival Danau Poso yang dilaksanakan di Tentena oleh Pemda Kabupaten Poso, dan Festival Pulo Dua yang diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Banggai.

Selain memiliki tiga kegiatan unggulan itu, Pemprov Sulteng juga memiliki festival lainnya yang tidak kalah menarik antara lain, Festival Pesona Teluk Tomori, Festival Malabot Tumbe, Festival Pesona Sombori, Festival Pesona Donggala, Festival Pesona Buol, Festival Tolitoli. Mencermati tren pertumbuhan pariwisata saat ini, Sulawesi Tengah berpeluang untuk menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia karena terdapatnya destinasi-destinasi wisata andalan seperti Kepulauan Togean, Danau Poso, patung megalith yang terdapat di beberapa lokasi pada area Taman Nasional Lore Lindu, keindahan bawah laut Teluk Tomini, Pulau Dua, Kepulauan Sombori, serta berbagai daya tarik seni dan budaya daerah.

Sulawesi Tengah memiliki kegiatan yang beragam mulai dari sport tourism, maupun kegiatan seni dan budaya terdapat lebih dari 30 kegiatan di 12 kabupaten dan 1 kota pada tahun 2019 ini.

Agussalim SH

“Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Sulawesi Tengah sangat beragam terdiri dari kegiatan wisata olah raga, seni, dan budaya,” katanya.

Ia menambahkan, Sulawesi adalah salah satu pulau terbesar dalam gugusan kepulauan Indonesia, pulau yang memiliki potensi keragaman budaya dan sumber daya alam. Sulawesi Tengah berpenduduk sekira 3 juta jiwa dengan luas wilayah 65.526,72 km persegi merupakan provinsi terluas di daratan Sulawesi. letak geografisnya yang dilalui oleh garis katulistiwa menciptakan iklim tropis dan menjadi habitat flora dan fauna endemik.

Terdapat 12 kabupaten dan 1 kota dengan wilayah yang memiliki ciri khas masing-masing di setiap daerah. Untuk mendukung Sulawesi Tengah sebagai daerah tujuan wisata yang menarik, pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah pusat, pascabencana terus membangun daerah-daerah wisata yang ada dengan menyiapkan dan menata infrastruktur seperti transportasi, akomodasi, atraksi wisata, SDM pendukung, serta terus melakukan promosi. [***]

Sumber; Antara

Komentar Facebook