Lorenzo Absen di MotoGP Belanda Setelah Kecelakaan Parah

0 149

Assen, Jurnalsulawesi.com – Pembalap Jorge Lorenzo dipastikan tidak ambil bagian dalam balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada Minggu 30 Juni 2019 mendatang.

Absennya pembalap tim Repsol Honda itu setelah ia mengalami kecelakaan pada latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Belanda, di Sirkuit Assen, Jumat (28/6/2019). Dalam pemeriksaan di Rumah Sakit Assen, Lorenzo diketahui mengalami patah pada ruas tulang belakang keenam.

Dengan hasil pemeriksaan tersebut, Lorenzo tak bisa mengikuti sisa rangkaian MotoGP Belanda akhir pekan ini. Lorenzo akan langsung diterbangkan ke Barcelona untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

“Setelah menjalani CT scan dia diketahui mengalami patah ruas tulang belakang keenm, jadi mereka masih memutuskan bagaimana menanganinya. Dia kemungkinan terbang kembali ke Barcelona, untuk menemui dokter bedah kepercayaannya guna mengecek kondisinya,” kata Michele Zasa dari Clinica Mobile, seperti dikutip Bola.com dari situs MotoGP.

“Dia kemungkinan juga akan menjalani pemeriksaan lanjutan, terutama MRI. Namun, ini masih dalam fase ketika mereka memutuskan apa yang akan dilakukan,” imbuh Zasa.

Menurut Zasa, kondisi Lorenzo tidak fit. Dia mengalami kecelakaan cukup parah karena terlempar keras dari lintasan di Tikungan 7. Setelah kecelakaan, Lorenzo dibawa ke pusat medis sirkuit, kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Dilansir situs resmi MotoGP, motor eks penggawa tim Movistar Yamaha itu mengalami slip pada tikungan ketujuh dan terlempar kencang dari lintasan lalu masuk ke dalam area kerikil sirkuit.

Lorenzo langsung dilarikan tim medis ke rumah sakit dan diketahui menderita patah tulang punggung serta mengeluh sakit pada bagian dada.

“Kini kita semua akan menunggu bagaimana prosesnya dalam beberapa jam ke depan dan perawatan apa yang dibutuhkannya,” kata Zasa.

“Helmnya tergores, tapi dia tidak kehilangan kesadaran. Dia baik, tidak mengalami gegar otak. Dia memar di bagian dada dan belakang,” imbuh Zasa tentang kondisi Jorge Lorenzo.

Butuh Pemulihan Lama
Pihak Repsol Honda tentu saja terpukul dengan kabar tersebut. Padahal Lorenzo sedang menunjukkan tren naik meskipun dua pekan lalu gagal finis di MotoGP Catalunya.

“Kami sedih dia mengalami insiden dan patah pada ruas tulang belakang. Dia akan pergi ke Barcelona sehingga mereka bisa memeriksa lebih bikin di Clinica Dexeus dan melanjutkan perawatan sesuai analisis dokter,” kata manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig.

“Patah ruas tulang belakang bukan cedera ringan. Ini sesuatu yang butuh waktu. Itu di bagian belakang dan butuh waktu, tapi spesialis yang akan menentukan.”

“Tak ada seorang pun yang ingin kecelakaan. Anda jatuh dan akan bangkit. Itulah yang akan dilakukan Jorge,” imbuh Puig.

Tim Repsol Honda pun kini tengah mencari pembalap pengganti untuk balapan akhir pekan ini, dimana pembalap pelapis HRC Stefan Bradl menjadi salah satu pilihannya. [***]

Komentar Facebook