Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa

Iklan Sofyan Puasa
0 108

Jurnalsulawesi.com – Sebagian besar orang pernah mengalami kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Apalagi ketika berpuasa, kondisi itu akan sering terjadi karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama 13-14 jam.

Kurangnya kelembapan ditambah paparan sinar matahari menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah. Bibir mudah kering dan pecah-pecah karena memiliki bagian kulit tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak.

Bibir juga tidak memiliki pigmen melanin, sehingga tidak ada yang memproteksi bibir dari efek sinar matahari. Kondisi tersebut bisa menjadi semakin memburuk jika kita tidak melakukan perawatan tepat pada bibir selama bulan Ramadan.

Dr. Resty Evasari dari ZAP Clinic mengatakan beberapa tanda bibir pecah-pecah, yakni bibir mulai terasa kering sampai mengelupas. “Muncul sisik di area bibir, timbulnya luka, bengkak dan berdarah,” kata Resty, Jumat (10/5/2019).

Untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah, dia menyarankan untuk mengurangi kebiasaan menjilati bibir. Kebiasaan tersebut hanya membasahi area bibir secara sementara, namun justru akan memperburuk kondisi bibir setelahnya.

Selain itu, lindungi bibir dengan menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya. Kandungan lip balm bisa membantu melembapkan bibir. Sementara kandungan SPF yang terdapat di dalamnya akan meminimalisir efek pengeringan bibir akibat efek paparan sinar matahari.

Perlu diingat, ada baiknya Anda menghindari penggunaan lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menyebabkan iritasi pada bibir. Sebagian orang rentan alergi atau iritasi pada kandungan lip balm yang mengandung pewangi atau perasa.

Dan terakhir jangan lupa mengonsumsi air putih yang cukup saat berbuka dan sahur untuk menghindari dehidrasi. Anda juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi pada area bibir secara rutin.

“Gunakan scrub bibir yang terbuat dari gula dan lakukan secara lembut dengan gerakan melingkar. Cukup lakukan seminggu sekali agar tidak mengiritasi bibir,” ucap Resty yang dikutip Viva. [***]

Komentar Facebook