Pembongkaran Mall Tatura Ditargetkan Selesai Akhir Mei

0 252
Iklan Sofyan Lasimpara

Palu, Jurnalsulawesi.com – Pembongkaran bangunan Mall Tatura Palu yang roboh akibat gempa 28 September 2018 lalu, ditargetkan akan selesai pada akhir Mei 2019.

Direktur PT Citra Nuansa Elok (CNE), selaku pengelola Mall Tatura, Mohammad Memet Sandiri, optimis pembongkaran yang dilakukan sejak awal Maret lalu itu akan selesai sesuai target.

“Sampai saat ini pembongkaran masih terus berjalan. Insya Allah pembongkaran ini akan rampung akhir Mei 2019. Atau paling tidak, sebelum lebaran sudah selesai,” kata Memet kepada wartawan di Palu, Selasa (9/4/2019).

Memet menjelaskan, bersamaan dengan rampungnya pembongkaran, pihaknya juga mulai melakukan proses study kelayakan (ficibility study).

“Study kelayakan ini dilakukan untuk perencanaan pembangunan kembali gedung mall, agar memenuhi standar dari segala aspek. Utamanya aspek ketahanan gedung terhadap gempa,” jelasnya.

Setelah itu kata Memet, akan dilanjutkan dengan pembuatan desain gedung baru, serta proses perencanaan pembangunan.

“Kita targetkan awal Juni sudah bisa memulai proses perencanaan pembangunan, sekaligus dengan rapat umum pemegang saham (RUPS),” imbuhnya.

Pembangunan gedung baru mall lanjutnya akan dibahas dalam RUPS. Hal ini dilakukan karena ada beberapa rencana terkait dengan pembangunan kembali Mall yang menjadi aset Pemkot Palu tersebut.

Salah satunya, ada alternatif yang akan ditawarkan dalam RUPS yakni menjalin kerjasama dengan beberapa investor terkait biaya pembangunan gedung baru, di luar pinjaman dari Perbankan.

“Kerjasama yang kita tawarkan ke investor dalam bentuk bukan pembagian saham. Yang pasti kita berupaya sebisa mungkin tidak pinjam di bank,” katanya.

Demikian halnya dengan bantuan dana dari Pemkot Palu. Pihaknya juga berusaha seoptimal mungkin pembangunan kembali Mall Tatura ini tidak membebani Pemkot Palu.

“Sampai saat ini sudah ada beberapa pengusaha dan investor yang bekerja sama untuk menambah biaya pembangunan mal baru,” tegasnya. [***]

Penulis; Sutrisno

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.