Siap Bertarung Lagi di Pilkada 2020, Bupati Poso: Membangun Daerah Tak Cukup 5 Tahun

0 284

Palu, Jurnalsulawesi.com – Setelah sekian lama masyarakat menunggu dan bertanya apakah Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu akan maju lagi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akhirnya terjawab.

Darmin Sigilipu yang tidak lain adalah Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Poso, menegaskan, dirinya siap untuk kembali berkompetisi di Pilkada 2020 mendatang.

Keinginan ini landasi oleh berbagai faktor, selain petahana, Darmin juga telah memiliki investasi dan modal sosial dengan kekuatan elektoral di Pileg lalu. Dimana Partai Golkar meraih 7 kursi dari sebelumnya hanya mengantongi 5 kursi di DPRD Kabupaten Poso.

Kepada sejumlah Pemimpin Redaksi dan wartawan di Palu, Jumat (5/7/2019) malam, Darmin menegaskan akan maju untuk kedua kalinya. Semua ini karena harapan masyarakat yang masih menginginkan dirinya untuk tetap maju dan memimpin Kabupaten Sintuwu Maroso.

Menurut Darmin, untuk mewujudkan mimpi dan harapan besar masyarakat Poso, tidaklah cukup jika hanya dengan waktu lima tahun. Sebab, waktu tersebut hanya untuk membangun pondasi dasar. Olehnya, untuk mengimplementasikan seluruh progam dan visi misi membutuhkan waktu 10 tahun.

Meski demikian kata Darmin, selama kurang lebih tiga tahun pemerintahannya, ia telah meletakkan pondasi dasar kemajuan pembangunan di berbagai sektor. Tidak hanya itu, torehan prestasi pun berhasil diraih Kabupaten Poso yang pernah dilanda konflik horizontal ini.

Beberapa prestaai itu diantaranya, lomba inovasi perencanaan pembangunan nasional, Kabupaten Poso meraih peringkat empat nasional dan peringkat pertama di tingkat Provinsi Sulteng.

Bahkan untuk tingkat kabupaten/kota di Sulteng yang memiliki luas tanam padi dan jagung, kabupaten Poso tiga tahun berturut-turut menjadi peringkat pertama. Belum lagi katanya, saat ini indeks angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Poso berhasil ditekan, sehingga pertumbuhan ekonomi dari berbagai sektor terus mengalami peningkatan yang signifikan.

“Target kami, tahun 2019 ini Poso bisa meraih Adipura,” cetusnya.

Apalagi salah indikator penilaian adalah menyangkut kebersihan, dirinya selaku Bupati telah menginstruksikan kepada setiap aparatur sipil negara (ASN) untuk mengumpulkan, lima plastik kantong sampah. Poso saat ini telah memiliki bank sampah.

“Dengan kebijakan ini, akan terbuka peluang bagi Kabupaten Poso meraih Adipura,” katanya.

Indikator-indikator keberhasilan ini tambah Bupati yang bagi masyarakat sehingga masih menghendaki dirinya. Hal ini pun terlihat dari hasil lembaga survei yang sangat puas dengan hasil kepemimpinannya.

Memang tambah Darmin, disadari bahwa persoalan keamanan masih menjadi prioritas, utamanya menyangkut masih adanya sekira sembilan anggota kelompok Ali Kalora yang masih berkeliaran di seputaran gunung biru.

Makanya, berbagai upaya terus dilakukan termasuk membangun komunikasi dengan tokoh-tokoh agama dan stakeholeder lainnya dalam upaya menciptakan kondusifitas keamanan.

Darmin juga menegaskan bahwa programnya lima tahun kedepan, ia akan menciptakan Poso Baru dalam wujud dan implementasi, ceria, elok, ramah, damai, adil, dan sejahtera (CERDAS).

Disinggung apakah masih tetap menggandeng Samsuri yang saat ini masih Wakilnya, mantan Perwira Marinir AL ini menegaskan besar kemungkinan tidak bisa lagi, karena akan bertentangan dengan undang-undang. Sebab Samsuri sendiri sudah tiga kali menjabat sebagai Wakil Bupati.

“Yang pasti nama sudah ada. Saat ini masih terus melakukan penjajakan. Secara person kami sudah membangun komunikasi politik, namun dengan partai-partai belum,” pungkasnya. [***]

Penulis; Agus Manggona
Editor; Sutrisno

Komentar Facebook