Tips Agar Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

0 145

Jurnalsulawesi.com – Mudik Lebaran sudah ada di depan mata, kira-kira sudah sejauh mana persiapan mudik kali ini? Apakah semuanya sudah beres, bagaimana dengan tiket kereta, tiket pesawat, oleh-oleh, dan THR? Untunglah kalau semua sudah dipersiapkan dengan matang, itu berarti Anda tinggal menunggu hari keberangkatan saja.

Saat mudik tiba, mau tidak mau Anda harus meninggalkan rumah tercinta selama beberapa hari. Tapi sayangnya disaat harus berbahagia berkumpul bersama keluarga ada yang membuat pikiran terganggu, yaitu takut kemalingan, terjadi korsleting listrik dan sebagainya.

Tak perlu khawatir, Cermati.com telah mengumpulkan dari berbagai sumber beberapa tips meninggalkan rumah agar tetap aman selama mudik Lebaran. Simak dan pahami ulasan yang dikutip dari Republika berikut ini:

1. Mengunci Rapat Pintu dan Jendela
Jangan sampai lupa, pintu dan jendela harus dikunci rapat-rapat sebelum pergi mudik. Kalau perlu pasang pengaman tambahan pada pintu atau jendela agar pencuri kesulitan saat ingin menerobos rumah, misalnya jerjak. Bawa kunci rumah kemanapun Anda pergi dan pastikan sudah mengambil kunci tambahan yang sering diletakkan di bawah alas kaki di depan pintu atau di pot bunga. Kalau semuanya sudah beres, Anda bisa pergi mudik tanpa diselimuti rasa khawatir pada rumah tercinta.

2. Mancabut Seluruh Stop Kontak
Peristiwa kebakaran saat mudik Lebaran sering terjadi karena pemilik rumah lupa mencabut stop kontak yang terpasang di dalam rumah. Anda tentu tidak mau kalau kejadian ini menimpa rumah juga, kan?

Agussalim SH

Sebaiknya, sebelum pergi mudik, pastikan seluruh stop kontak sudah dicabut, termasuk TV, AC, kulkas, rice cooker, mesin cuci dan sebagainya. Begitu pula dengan gas. Meskipun gas tidak terhubung ke listrik, tapi tabung penutup gas yang bocor dapat memicu kebakaran bila terkena air atau listrik.

3. Mematikan Lampu dan Keran Air
Rumah yang gelap gulita kadang-kadang menjadi sasaran empuk para maling karena ini pertanda kalau rumah tersebut tidak berpenghuni. Akan tetapi, lampu yang menyala 24 jam selama mudik Lebaran termasuk pemborosan yang dapat mengakibatkan jumlah tagihan listrik melonjak. Lalu bagaimana solusinya?

Anda bisa mengganti lampu gantung dengan lampu otomatis. Jadi ketika hari sudah gelap, lampu tersebut akan menyala dengan sendirinya sehingga pencuri mengurungkan niatnya untuk mengutak-atik rumah dan begitu sebaliknya. Selain lampu, matikan juga keran air supaya tidak boros.

4. Menyimpan Barang Berharga di Tempat Aman
Simpan barang-barang berharga, seperti uang tunai, surat tanah, dan perhiasan di tempat yang paling aman dan tidak mencurigakan. Kalau mau lebih praktis dan pasti aman, titipkan barang-barang berharga ke kantor Pegadaian atau bank. Tapi, Anda perlu merogoh kocek jika ingin menyimpan barang berharga di kedua tempat tersebut sebagai biaya administrasi dan sebagainya. Tak mengapa, asalkan barang berharga bisa tersimpan dengan aman dan baik.

5. Berhenti Berlangganan Koran atau Majalah
Bagi Anda yang suka berlangganan koran pagi atau majalah mingguan sebaiknya menghentikan kebiasaan ini selama mudik Lebaran nanti. Sebab koran atau majalah yang menumpuk di depan pintu akan membuat orang yang lewat curiga, sehingga timbullah keinginan untuk melancarkan aksi pencurian. Beritahu loper koran atau majalah untuk tidak berlangganan dalam beberapa hari ke depan, sehingga loper tersebut tidak menumpuk koran atau majalah di depan pintu.

6. Menyalakan CCTV Sebagai Pengaman
Apabila daerah tempat tinggal Anda rawan maling, pasanglah kamera CCTV untuk beberapa ruangan yang selalu menjadi intaian para pencuri. Misalnya kamar, ruang tamu, halaman depan, maupun halaman belakang. Harga satu unit kamera CCTV memang cukup mahal, tapi demi keamanan apa salahnya dicoba, terutama jika punya banyak barang-barang berharga di dalam rumah.

7. Menitip Rumah kepada Tetangga Terpercaya
Satu atau dua tetangga di sekitar rumah pasti ada yang tidak pergi mudik Lebaran. Mintalah bantuan tetangga tersebut untuk menjaga rumah Anda selama ditinggal mudik. Kalau perlu mengecek kondisi rumah untuk memastikan rumah masih tetap aman seperti saat ditinggalkan beberapa hari yang lalu. Pilihlah tetangga yang benar-benar dipercayai dan memang sudah akrab sejak lama.

Pastikan Rumah Bersih Sebelum Ditinggal Mudik
Rumah yang bersih sekalipun kalau ditinggal beberapa hari pasti akan kembali kotor karena partikel debu dan kotoran bisa masuk dari mana saja. Kondisi ini sangat menjengkelkan, terutama saat pulang mudik. Bayangkan saja ketika Anda sudah lelah di perjalanan ditambah pemandangan yang tidak sedap, amarah pun akan naik seketika. Oleh sebab itu, pastikan rumah dalam keadaan bersih sebelum ditinggal mudik nanti. Biarpun setelah mudik rumah akan kembali kotor, setidaknya kotornya tidak terlalu parah. [***]

Komentar Facebook